top of page
  • admin

Penghargaan Kedutaan Jepang-Indonesia untuk Heru Santoso Eto dan Mariko Surjanto






YWP - Pada hari Jumat, 17 November 2023 dikediaman Duta Besar Jepang, Jakarta Selatan telah diberikan penghargaan kepada Heru Santoso Eto dan Mariko Surjanto dari pemerintah Jepang yang disampaikan sendiri oleh Duta Besar Jepang, Kanasugi Kenji.


Pemberian penghargaan dari Menteri Luar Negeri Jepang untuk Heru Santoso Eto karena kontribusi besar beliau terhadap peningkatan hubungan persahabatan antara Jepang dan Indonesia. Heru Santoso, sebagai generasi ke 2, dan ketua Yayasan Warga Persahabatan organisasi kelompok keturunan Jepang di Indonesia, telah berupaya keras untuk mempertahankan dan mengembangkan kegiatan YWP selama lebih dari 20 tahun. Dan dengan dukungan dari komunitas Jepang di Indonesia, beliau berhasil merampungkan sebuah galeri sejarah guna mempromosikan pemahaman tentang sejarah komunitas keturunan Jepang di Indonesia.


Melalui pidatonya, Heru Santoso menyampaikan bahwa YWP adalah tempat beliau mengabdi disepanjang hidupnya. "YWP didirikan oleh para mantan serdadu Jepang yang mempertaruhkan nyawa mereka dalam perang kemerdekaan RI. Mereka empati terhadap semangat kemerdekaan bangsa Indonesia dan turut bertempur bersama mempertaruhkan nyawa tanpa mengharapkan imbalan apa pun. Saya percaya bahwa semangat yang mulia inilah yang disebut semangat ksatria (bushido) Jepang, yang memperoleh empati dan penghormatan dari bangsa Indonesia."


Beliau juga berharap YWP dapat terus berkarya dan berperan aktif sebagai pusat interaksi antara komunitas Jepang-Indonesia. Karena beliau yakin hal ini adalah yang diinginkan oleh mantan serdadu Jepang yang memilih tinggal di Indonesia. Penghargaan juga telah diberikan kepada Mariko Surjanto. Penghargaan dari Kepala Perwakilan di Luar Negeri terhadap individu yang telah berjasa dalam mempererat hubungan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Mariko Surjanto dengan konsisten telah

membantu merevitalisasi Yayasan Warga Persahabatan, serta berkontribusi pada keberlangsungan yayasan tersebut dan membantu kegiatan generasi ketiga dan keempat keturunan Jepang. Selain itu, beliau juga berkontribusi pada pendidikan bahasa Jepang di Indonesia “Mie Gakuen” - sekolah bahasa Jepang di YWP dengan dukungan dari Ogura Mie dan tokoh-tokoh lainnya. Beliau juga menjadi salah satu pendiri “Himawari Kai”, perkumpulan para wanita Jepang yang bersuamikan Warga Negara Indonesia.


Pada pidatonya, Mariko Surjanto menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah menjadi "Keluarga Besar" dan membantunya mendapatkan penghargaan ini. Beliau juga mengingat kenangan indah saat Duta Besar Jepang, Kanasugi Kenji bersama istri berziarah mengunjungi satu persatu 28 makam mantan tentara Jepang yang berada di Taman Makam Pahlawan, Kalibata. Juga saat beliau hadir dalam Grand Opening dan pesta syukuran Yayasan Warga Persahabatan pada bulan Juli 2023 lalu.


Di akhir pidatonya Mariko Surjanto juga menyatakan keinginannya untuk terus mendampingi generasi penerus dengan motto "Ikhlas dan Bersyukur - Musyo No Ai". Pada kesempatan ini kami - Yayasan Warga Persahabatan juga memberikan Music Box Bengawan Solo sebagai souvenir untuk Duta besar Jepang, Kanasugi Kenji.


-Rima Koomatsu

Penerjemah Jepang: Suda Kazuyo

Photos: YWP/owners










38 tampilan0 komentar
bottom of page