top of page

Program Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata Ke-2 tanggal 17 Oktober 2021



Pada tanggal 17 Oktober 2021 dilaksanakan kunjungan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata yang ke-2 bersama dengan peserta 13 orang Jepang yang saat ini berdomisili di Indonesia. Sebagaimana hal pada program Pertama pada bulan September yang lalu, kita berkumpul di ruang kantor lantai 2 di bangunan Yayasan Warga Persahabatan (YWP) yang berlokasi di Tebet, Jakarta Selatan, di mana dahulu diperuntukkan bagi pelajar MIE Gakuen. Setelah perkenalan diri dari masing-masing peserta, Bapak Heru Santoso Eto, selaku ketua badan pendiri YWP dan juga sebagai ketua Proyek menjelaskan latar belakang, maksud dan tujuan Proyek.




Kemudian kami pindah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk ziarah ke makam beberapa mantan prajurit Jepang termasuk almarhum Shichio Eto, ayahanda Bapak Heru. Mantan prajurit Jepang yang dimakamkan di sini sebanyak 28 orang karena diakui jasanya dalam perang kemeredekaan, yang merupakan penghormatan tertinggi di Indonesia.


Sempat dikhawatirkan kondisi cuaca mengingat telah memasuki musim penghujan, namun demikian kami diberkati dengan cuaca baik sehingga dapat merenungkan kehidupan mantan prajurit Jepang yang istirahat di makan sambail menyikmati angin yang bertiup sepoi-sepoi.






Setelah beriziarah, kami bersilahturahmi sambil menyantap masakan Chinese di sebuah hotel di pusat kota. Acara ramah-tamah tersebut dapat terlaksana dengan baik dengan tetap mematuhi protokol kesehatan atau menjaga jarak walaupun situasi penyebaran Covid-19 sedang mereda. Kami menghabiskan waktu yang menyenangkan berbincang-bincang dengan generasi ke-3 Mantan Prajurit Jepang.


Kami akan melaksanakan ziarah kubur secara berkala agar sejarah Mantan Prajurit Jepang yang ikut berjuang dalam kemerdekaan NKRI dan yang telah berupaya keras untuk membangun basis hubungan antara Indonesia-Jepang dapat diketahui dan dikenang oleh banyak pihak.


Berikut ini adalah 13 orang peserta yang hadir pada program ziarah tersebut:

  1. Miyasaka Noriyuki

  2. Mr. Koyama Hideyuki

  3. Mr. Murata Masahiro

  4. Mr. Kanehara Yudai

  5. Mr. Shimodaira Ryosuke

  6. Mr. Samizo Shinsuke

  7. Mr. Usui Masato

  8. Ms. Amano Izumi

  9. Mr. Kasai Shinji

  10. Mr. Sudo Kazuo

  11. Mr. Otaki Hideki

  12. Mr. Yoshioka Takahiro

  13. Mr. Shimizu Kei


48 tampilan0 komentar
bottom of page