top of page

Sobauchi Bersama Soba Master Team (そば打ち研究会の皆さんとのそば打ち)

By Yoga Kusuma (4th Ueda)

Japanese translation by Suda San

Editor: Rima Koomatsu


24 Desember 2022 - Acara Sobauchi (Soba Party) bersama Soba Master Team.


YWP - Kemeriahan acara Sobauchi atau Soba Party terlihat dari animo pengunjung yang tampak antusias. Acara demonstrasi pembuatan Soba oleh Soba Master Team dan makan Soba bersama ini juga menjadi momen untuk menutup akhir tahun 2022, yang dilaksanakan di Gallery Yayasan Warga Persahabatan (YWP), Tebet, Jakarta Selatan pada hari Sabtu (24/12).


Kelangsungan acara ini didukung oleh Katsuyoshi Aizawa dan rombongan, selaku Soba Master Team yang didatangkan langsung dari Jepang. Turut hadir pula Duta Besar Jepang, Bapak Kanasugi Kenji bersama keluarga, Japanese Supporters, Indonesian Supporters, Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Persada, dan Komunitas Ayam Ekor Panjang (Onagadori).


Melalui acara ini, pengunjung diharapkan dapat belajar dan memahami teknik pembuatan Soba yang diawali dengan mengolah tepung Soba menjadi Mi. Dengan demikian, Bapak Heru Santoso Eto selaku Pembina YWP mengharapkan pengunjung dapat mengimplementasikan pembuatan Soba dan menjadikannya suatu peluang untuk membangun lini usaha baru.


Senada dengan Pak Heru, Bapak Mario Androetti Kuroiwa selaku Ketua Pelaksana juga menyebutkan bahwa acara Sobauchi ini menjadi momen yang sayang untuk dilewatkan. Pasalnya, di Indonesia jenis Mi Jepang seperti Ramen dan Udon lebih dulu popular jika dibandingkan Soba. Sehingga acara ini bisa menjadi kesempatan emas bagi para pengunjung untuk mencicipi, melihat, mengetahui, dan mempraktikkan secara langsung cara pembuatan Soba. Serta bisa dijadikan ide peluang usaha yang menarik kedepannya. Lebih dari itu, acara ini sebagai bentuk ekspresi mempererat hubungan persahabatan antara Indonesia dan Jepang.


Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran acara Sobauchi ini, terutama terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada Soba Master Team:

1. Katsuyoshi Aizawa

2. Susumu Kawabe

3. Yukiya Igarashi

4. Rutsu Nakahara

5. Mikio Kobayashi

6. Hiromitsu Kashikura

7. Yasushi Kawabe

8. Shoji Akahane

9. Mayumi Akahane



















59 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page