top of page

Program Ziarah Taman Makam Pahlawan Kalibata 12/12/2021

Minggu, 12 Desember 2021 Pukul 15.30 WIB

Penulis : Aritomo (Cucu Bapak Asnur Giro Nakagawa)



YWP – Jakarta. Agenda Yayasan Warga Persahabatan (YWP) yang dipimpin oleh Bapak Heru Santoso Eto beserta Para Sansei (Keturunan Ketiga) dan Para Tim Projek YWP melakukan kegiatan ziarah dan tabur bunga, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggi (12/12/2021).

Kegiatan ziarah ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan rutin YWP dan pengalangan dana projek pembangunan gedung YWP di daerah Tebet, Jakarta Selatan yang diikuti oleh perwakilan kantor perusahaan jepang yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan di aula PT Panasonic Gobel Indonesia, Jakarta Timur lalu dilanjutan ziarah ke TMP Kalibata dan diawali dengan penghormatan umum kepada para pahlawan dilanjutkan dengan tabur bunga oleh pimpinan ziarah rombongan dan doa bersama di makam pahlawan.

Tujuan ziarah ini selain untuk mengenang jasa para pahlawan mantan serdadu jepang yang telah gugur, juga merupakan agenda rutin YWP, kegiatan ini mengandung makna yang sangat dalam, karena selain sebagai sarana dan wahana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa, juga mengajak kepada seluruh Para keturunan dan warga jepang yang berkerja di Indonesia untuk dapat meresapi dan merenungkan setiap perjuangan para pahlawan mantan serdadu jepang yang telah mengharumkan bumi pertiwi demi perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Selain itu, kegiatan ziarah ini memiliki arti yang sangat penting, yaitu sebagai penghormatan kepada para pahlawan mantan serdadu Jepang yang telah mendarmabaktikan jiwa raganya kepada nusa dan bangsa. Juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa menghargai jasa para pahlawannya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Para keluarga mantan serdadu jepang dan para pimpinan perusahaan jepang yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Total para ziarah pada kegiatan tersebut berjumlah kurang lebih 40 orang.








Dokumentasi: YWP

108 tampilan0 komentar
bottom of page