top of page

Program Ziarah Taman Makam Pahlawan Kalibata 19 September 2021



Sebagai program untuk mendukung Proyek Pendirian Galeri Sejarah Mantan Prajurit Jepang, pada tanggal 19 September 2021 dilaksanakan kunjungan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata yang pertama kali bersama dengan peserta 9 orang Jepang yang saat ini berdomisili di Indonesia. Kita berkumpul di ruang kantor lantai 2 di gedung Yayasan Warga Persahabatan MIE Gakuen. Setelah perkenalan diri dari masing-masing peserta, Bapak Heru Santoso Eto, selaku ketua badan pendiri YWP dan juga sebagai ketua Proyek menjelaskan latar belakang, maksud dan serta tujuan Proyek ini.




Kemudian kita pindah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk melakukan ziarah ke makam beberapa mantan prajurit Jepang termasuk Almarhum Shichio Eto ayahanda Bapak Heru Santoso. Mantan Prajurit Jepang yang dimaksudkan di sini ada sebanyak 28 orang. Pada hari itu cuacanya kurang cerah, berawan tebal, dan kekhawatiran kita menjadi nyata, begitu keluar dari kantor YWP turun hujan lebat. Kita hampir putus asa untuk melanjutkan program pada hari tersebut. Namun berkat doa dari kita semua, begitu sampai di Taman Makam Pahlawan Kalibata, hujan berhenti, dan kita bisa menyelesaiakan ziarah sesuai dengan rencana (sebagaimana diramalkan Bapak Heru yang mengaku dirinya sebagai "pembawa cuaca yang baik")





Kami akan melaksanakan ziarah makam ini secara berkala agar sejarah Mantan Prajurit Jepang yang ikut berjuang dalam kemerdekaan NKRI dan yang telah berupaya keras untuk membangun basis hubungan antara Indonesia-Jepang dapat diketahui dan dikenang oleh banyak pihak nantinya.


Berikut ini adalah 9 orang peserta yang hadir dalam program ziarah tersebut,

  1. Mr. Suzuki Keishi,

  2. Ms. Ito Urara,

  3. Mr. Kunihiro Yasutsugu,

  4. Mr. Kuboyama Yuzo,

  5. Mr. Kobayashi Kazuhiko,

  6. Mr. Tanaka Katsushi,

  7. Mr. Tsuwaki Hideaki,

  8. Mr. Masaoka Masahiko,

  9. Mr. Yoshida Akihiro



119 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page